Supernova



Untuk bintang dengan massa sebesar matahari kita, pembatasan teori relativitas hanya menghasilkan selisih kecepatan antar partikel tidak lebih dari kelajuan cahaya yang dipadukan dengan prinsip eksklusi pauli untuk elektron, akan mampu mencegah keruntuhan inti bintang lebih jauh. Namun untuk bintang yang lebih padat dan lebih massif, tolak menolak karena prinsip eksklusi bisa bernilai lebih kecil dan tidak cukup kuat untuk mengimbangi tarik-menarik gravitasi antar massa penyusunnya, yang bisa menyebabkan keruntuhan bintang tersebut. Subrahmanyan Chandrasekhar melakukan penghitungan untuk mencari limit massa bintang dimana suatu bintang masih bisa mempertahankan dirinya untuk tidak runtuh karena gaya gravitasinya sendiri setelah bahan bakar nuklirnya habis terkonsumsi. Dari perhitungan teoretik yang dilakukannya ia mendapatkan nilai sekitar 1,45 kali massa matahari kita. Bintang yang memiliki massa lebih kecil dari limit ini akan bisa bertahan, yang lebih besar akan runtuh. Ia mendapatkan hadiah Nobel Fisika pada tahun 1983 atas hasil karyanya. Sebuah bintang yang memiliki massa lebih kecil dari limit Chandrasekhar, seperti matahari kita, akan berhenti mengerut karena runtuh gravitasi dan akan tiba pada suatu keadaan akhir yang dikenal sebagai White Dwarf. Ia memiliki garis tengah ratusan kilometer saja, atau sama dengan jarak Jakarta-Surabaya, namun memiliki rapat ratusan juta kali rapat air. Untuk bintang seperti matahari kita, suhu dan rapat intinya akan menjadi cukup tinggi untuk memungkinkan tersulutnya reaksi nuklir yang melibatkan helium. reaksi helium berlangsung dengan cepat sampai terbentuk inti karbon di pusat bintang dan lapisan terluar bintang akan terlempar ke angkasa. White dwarf dalam suatu sistem bintang ganda mungkin juga terlibat dengan apa yang disebut dengan Supernova.








Limit Chandrasekhar : massa maksimum bintang dingin stabil yang diperkenankan, bintang yang lebih besar massanya dari limit ini bisa mengalami keruntuhan gravitasi menjadi sebuah Black Hole.



Prinsip Eksklusi : prinsip yang dikemukakan oleh Pauli yang menyatakan bahwa dua buah partikel berspin 1/2 yang identik tidak boleh memiliki posisi dan spin yang sama (dalam batas-batas yang ditetapkan oleh prinsip ketidakpastian).



White Dwarf : bintang dingin stabil, dimana terjadi tolak menolak antar elektron sesuai dengan prinsip eksklusi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar